Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Studi Kasus: Bedah CP menjadi ATP dengan AI

2 min read

Bedah CP menjadi ATP dengan ChatGPT

Sebagai seorang pendidik, memahami berbagai komponen yang membentuk kurikulum dan perangkat pembelajaran adalah hal yang sangat penting. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang perbedaan antara CP (Capaian Pembelajaran), TP (Tahapan Pembelajaran), dan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran). Ketiga istilah ini seringkali membingungkan, namun pemahaman yang jelas mengenai hal tersebut akan membantu para guru dalam merancang perangkat pembelajaran yang lebih efektif dan terarah.

Capaian Pembelajaran (CP) adalah tujuan akhir yang ingin dicapai oleh siswa setelah melalui proses pembelajaran. Sementara itu, Tahapan Pembelajaran (TP) merujuk pada urutan langkah-langkah yang harus dilalui dalam proses belajar. Adapun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis agar mempermudah pencapaian CP melalui tahapan-tahapan yang telah direncanakan.

Dengan memahami hubungan antara CP, TP, dan ATP, guru dapat merancang pembelajaran yang tidak hanya sesuai dengan kurikulum, tetapi juga lebih fokus pada pencapaian kompetensi yang diinginkan. Pembahasan ini akan membantu Anda sebagai pendidik dalam membuat perangkat pembelajaran yang lebih terstruktur dan menyeluruh.

Membuat ATP dengan prompt AI

Dalam dunia pendidikan yang semakin berkembang, teknologi kini memegang peranan penting, termasuk dalam perancangan perangkat pembelajaran. Salah satu inovasi terbaru yang dapat digunakan oleh guru adalah pemanfaatan prompt AI untuk membantu menyusun ATP dengan lebih cepat dan tepat. Dengan AI, proses perancangan ATP dapat dilakukan dengan lebih efisien, mengurangi beban administrasi, dan memungkinkan guru untuk lebih fokus pada aspek pembelajaran yang lebih mendalam.

Pada bagian berikut, kita akan mengupas bagaimana menggunakan prompt AI untuk merancang ATP secara efektif. Teknologi ini dapat memberikan arahan yang tepat untuk menyusun tujuan pembelajaran yang relevan, terukur, dan sesuai dengan capaian yang ingin dicapai oleh siswa. Mari kita mulai dengan memahami bagaimana cara kerja AI dalam mendukung pembuatan ATP yang optimal.

Dan disini saya akan membagikan pengalaman saya dalam studi kasus membuat ATP dari CP berdasarkan elemen pada mata pelajaran bahasa Jawa. Berikut prompt lengkapnya:  https://chatgpt.com/share/67790d04-91e4-800a-93a2-8ed4326063fd

Guru SD, Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kota Probolinggo

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar