Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tujuan Pembelajaran Informatika Fase B dan Indikator Ketercapaiannya

Tujuan Pembelajaran Informatika fase B

Capaian Pembelajaran:
Pada akhir fase B, peserta didik mampu menerapkan berpikir komputasional untuk menghasilkan solusi dalam menyelesaikan persoalan sehari-hari dan mengabstraksikan benda konkret menjadi data, menerapkan praktik baik yang lebih mahir penggunaan berbagai perangkat TIK untuk berkomunikasi, belajar, mengetik, menggambar, berhitung, dan presentasi, mengenali adanya sistem komputer, sinyal komunikasi, dan internet di sekitarnya, menjalankan instruksi yang rumit sesuai dengan urutan yang sistematis dan ditentukan, menyadari dampak dan memiliki etika dalam berkomunikasi di dunia digital, serta mampu beraktivitas secara kreatif dalam kelompok kecil untuk membangun suatu produk sebagai analogi sistem komputasi. 

Tujuan Pembelajaran Informatika Fase B (Kelas III-IV SD)

KELAS III

Semester 1

Term 1 Tujuan Pembelajaran Indikator Ketercapaian
Minggu 1-9 Pengenalan Perangkat TIK dan Komunikasi Digital
• Siswa mampu mengenal berbagai perangkat TIK di sekitar (komputer, tablet, smartphone)
  • Dapat menyebutkan minimal 3 jenis perangkat TIK
  • Dapat menjelaskan fungsi dasar masing-masing perangkat
  • Dapat mengidentifikasi perangkat TIK di lingkungan sekolah
• Siswa mampu menggunakan perangkat TIK untuk berkomunikasi sederhana
  • Dapat mengirim pesan sederhana dengan bantuan guru
  • Dapat menerima dan membaca pesan digital
  • Dapat menggunakan aplikasi komunikasi dasar
• Siswa mampu menerapkan etika dasar dalam berkomunikasi digital (sopan santun)
  • Menggunakan kata-kata sopan dalam komunikasi digital
  • Tidak mengirim pesan yang menyakiti orang lain
  • Meminta izin sebelum menggunakan perangkat orang lain
Term 2 Tujuan Pembelajaran Indikator Ketercapaian
Minggu 10-18 Keterampilan Dasar TIK dan Pengenalan Sistem
• Siswa mampu menggunakan perangkat TIK untuk mengetik huruf dan kata sederhana
  • Dapat mengetik huruf A-Z dengan benar
  • Dapat mengetik kata sederhana (3-5 huruf)
  • Dapat menggunakan tombol spasi dan enter
• Siswa mampu mengenal adanya sistem komputer di sekitarnya
  • Dapat menyebutkan bagian-bagian komputer (monitor, keyboard, mouse)
  • Dapat menjelaskan fungsi dasar setiap bagian
  • Dapat menyalakan dan mematikan komputer dengan bantuan
• Siswa mampu mengikuti instruksi sederhana secara berurutan
  • Dapat mengikuti 3-5 langkah instruksi berurutan
  • Dapat mengulangi instruksi yang diberikan
  • Dapat menyelesaikan tugas sesuai urutan yang benar

Semester 2

Term 3 Tujuan Pembelajaran Indikator Ketercapaian
Minggu 19-27 Berpikir Komputasional Dasar dan Kreativitas
• Siswa mampu mengabstraksikan benda konkret sederhana menjadi data (gambar, angka)
  • Dapat menggambar benda sekitar dalam bentuk digital
  • Dapat mengubah benda menjadi simbol atau angka sederhana
  • Dapat mengelompokkan benda berdasarkan karakteristik tertentu
• Siswa mampu menggunakan perangkat TIK untuk menggambar sederhana
  • Dapat menggunakan aplikasi menggambar dasar
  • Dapat membuat gambar sederhana dengan mouse/stylus
  • Dapat mewarnai gambar digital
• Siswa mampu menerapkan berpikir komputasional untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang sederhana
  • Dapat memecah masalah menjadi langkah-langkah kecil
  • Dapat menemukan pola dalam masalah sederhana
  • Dapat mengusulkan solusi logis untuk masalah sehari-hari
Term 4 Tujuan Pembelajaran Indikator Ketercapaian
Minggu 28-36 Kerja Kelompok dan Produk Sederhana
• Siswa mampu bekerja dalam kelompok kecil untuk membuat produk sederhana
  • Dapat berkolaborasi dengan 2-3 teman dalam satu kelompok
  • Dapat menyelesaikan bagian tugas yang menjadi tanggung jawabnya
  • Dapat menghasilkan produk sederhana bersama kelompok
• Siswa mampu menggunakan perangkat TIK untuk berhitung dasar
  • Dapat menggunakan kalkulator digital
  • Dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan
  • Dapat menyelesaikan soal matematika sederhana dengan TIK
• Siswa mampu mengenali dampak positif dan negatif penggunaan teknologi
  • Dapat menyebutkan minimal 2 dampak positif teknologi
  • Dapat menyebutkan minimal 2 dampak negatif teknologi
  • Dapat memberikan contoh penggunaan teknologi yang baik

KELAS IV

Semester 1

Term 1 Tujuan Pembelajaran Indikator Ketercapaian
Minggu 1-9 Penguasaan TIK Lanjutan dan Komunikasi Digital
• Siswa mampu menggunakan berbagai perangkat TIK dengan lebih mahir untuk berkomunikasi dan belajar
  • Dapat menggunakan minimal 4 jenis aplikasi berbeda
  • Dapat mencari informasi sederhana di internet
  • Dapat mengunduh dan menyimpan file digital
• Siswa mampu mengenal sinyal komunikasi dan cara kerjanya
  • Dapat menjelaskan konsep WiFi dan sinyal internet
  • Dapat mengidentifikasi kuat/lemahnya sinyal
  • Dapat menjelaskan mengapa kadang internet lambat
• Siswa mampu menerapkan etika yang lebih lengkap dalam berkomunikasi di dunia digital
  • Tidak membagikan informasi pribadi secara sembarangan
  • Dapat membedakan informasi yang boleh/tidak boleh dibagikan
  • Menghormati privasi orang lain dalam komunikasi digital
Term 2 Tujuan Pembelajaran Indikator Ketercapaian
Minggu 10-18 Sistem Komputer dan Internet
• Siswa mampu mengenal sistem komputer dan komponen-komponennya
  • Dapat menyebutkan dan menjelaskan fungsi hardware utama
  • Dapat membedakan hardware dan software
  • Dapat menjelaskan cara kerja komputer secara sederhana
• Siswa mampu mengenal internet dan cara kerjanya di sekitar
  • Dapat menjelaskan apa itu internet dan world wide web
  • Dapat menggunakan browser untuk mengakses website
  • Dapat menjelaskan bagaimana data dikirim melalui internet
• Siswa mampu menggunakan perangkat TIK untuk presentasi sederhana
  • Dapat membuat slide presentasi dengan 3-5 slide
  • Dapat menambahkan gambar dan teks dalam presentasi
  • Dapat mempresentasikan hasil karyanya di depan kelas

Semester 2

Term 3 Tujuan Pembelajaran Indikator Ketercapaian
Minggu 19-27 Berpikir Komputasional Lanjutan dan Instruksi Kompleks
• Siswa mampu menerapkan berpikir komputasional untuk menghasilkan solusi yang lebih kompleks
  • Dapat menggunakan algoritma sederhana untuk menyelesaikan masalah
  • Dapat membuat flowchart atau diagram alur sederhana
  • Dapat menguji dan memperbaiki solusi yang dibuat
• Siswa mampu mengabstraksikan benda konkret menjadi data dengan lebih detail
  • Dapat membuat representasi digital yang lebih kompleks
  • Dapat mengkategorikan data berdasarkan kriteria yang beragam
  • Dapat mengubah informasi real menjadi format digital terstruktur
• Siswa mampu menjalankan instruksi yang rumit sesuai urutan sistematis
  • Dapat mengikuti instruksi dengan 7-10 langkah berurutan
  • Dapat mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dalam urutan
  • Dapat memberikan instruksi kepada teman dengan jelas dan sistematis
Term 4 Tujuan Pembelajaran Indikator Ketercapaian
Minggu 28-36 Kreativitas Digital dan Produk Komputasi
• Siswa mampu beraktivitas secara kreatif dalam kelompok kecil
  • Dapat menghasilkan ide-ide kreatif untuk proyek kelompok
  • Dapat menggabungkan ide dari anggota kelompok menjadi satu konsep
  • Dapat menggunakan teknologi untuk mewujudkan ide kreatif
• Siswa mampu membangun produk sebagai analogi sistem komputasi
  • Dapat membuat proyek yang menunjukkan prinsip input-proses-output
  • Dapat menjelaskan bagaimana produknya bekerja seperti komputer
  • Dapat mendemonstrasikan produk yang dibuat kepada orang lain
• Siswa mampu mengintegrasikan semua keterampilan TIK untuk menyelesaikan proyek kelompok
  • Dapat menggunakan minimal 5 keterampilan TIK dalam satu proyek
  • Dapat berkolaborasi menggunakan teknologi dalam pembuatan proyek
  • Dapat mempresentasikan hasil proyek dengan multimedia

Catatan Pengembangan:

Prinsip Pengurutan Berdasarkan Alur Berpikir Siswa:

  1. Kelas III: Dimulai dari pengenalan dan pemahaman dasar, kemudian berkembang ke aplikasi sederhana
  2. Kelas IV: Mengembangkan keterampilan yang lebih kompleks dan integratif
  3. Progresivitas: Setiap term membangun fondasi untuk term berikutnya
  4. Kontekstual: Disesuaikan dengan kemampuan kognitif dan perkembangan siswa SD

Fokus Pengembangan:

  • Term 1-2: Pengenalan dan keterampilan dasar
  • Term 3-4: Aplikasi dan kreativitas
  • Term 5-6: Penguasaan dan pengembangan lanjutan
  • Term 7-8: Integrasi dan produk akhir
Guru SD, Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kota Probolinggo

Posting Komentar

© Agung Blog's. All rights reserved. Premium By Raushan Design