Tujuan Pembelajaran Informatika fase B
Capaian Pembelajaran:
Pada akhir fase B, peserta didik mampu menerapkan berpikir komputasional untuk menghasilkan solusi dalam menyelesaikan persoalan sehari-hari dan mengabstraksikan benda konkret menjadi data, menerapkan praktik baik yang lebih mahir penggunaan berbagai perangkat TIK untuk berkomunikasi, belajar, mengetik, menggambar, berhitung, dan presentasi, mengenali adanya sistem komputer, sinyal komunikasi, dan internet di sekitarnya, menjalankan instruksi yang rumit sesuai dengan urutan yang sistematis dan ditentukan, menyadari dampak dan memiliki etika dalam berkomunikasi di dunia digital, serta mampu beraktivitas secara kreatif dalam kelompok kecil untuk membangun suatu produk sebagai analogi sistem komputasi.
Tujuan Pembelajaran Informatika Fase B (Kelas III-IV SD)
KELAS III
Semester 1
Term 1 | Tujuan Pembelajaran | Indikator Ketercapaian |
---|---|---|
Minggu 1-9 | Pengenalan Perangkat TIK dan Komunikasi Digital | |
• Siswa mampu mengenal berbagai perangkat TIK di sekitar (komputer, tablet, smartphone) |
|
|
• Siswa mampu menggunakan perangkat TIK untuk berkomunikasi sederhana |
|
|
• Siswa mampu menerapkan etika dasar dalam berkomunikasi digital (sopan santun) |
|
|
Term 2 | Tujuan Pembelajaran | Indikator Ketercapaian |
Minggu 10-18 | Keterampilan Dasar TIK dan Pengenalan Sistem | |
• Siswa mampu menggunakan perangkat TIK untuk mengetik huruf dan kata sederhana |
|
|
• Siswa mampu mengenal adanya sistem komputer di sekitarnya |
|
|
• Siswa mampu mengikuti instruksi sederhana secara berurutan |
|
Semester 2
Term 3 | Tujuan Pembelajaran | Indikator Ketercapaian |
---|---|---|
Minggu 19-27 | Berpikir Komputasional Dasar dan Kreativitas | |
• Siswa mampu mengabstraksikan benda konkret sederhana menjadi data (gambar, angka) |
|
|
• Siswa mampu menggunakan perangkat TIK untuk menggambar sederhana |
|
|
• Siswa mampu menerapkan berpikir komputasional untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang sederhana |
|
|
Term 4 | Tujuan Pembelajaran | Indikator Ketercapaian |
Minggu 28-36 | Kerja Kelompok dan Produk Sederhana | |
• Siswa mampu bekerja dalam kelompok kecil untuk membuat produk sederhana |
|
|
• Siswa mampu menggunakan perangkat TIK untuk berhitung dasar |
|
|
• Siswa mampu mengenali dampak positif dan negatif penggunaan teknologi |
|
KELAS IV
Semester 1
Term 1 | Tujuan Pembelajaran | Indikator Ketercapaian |
---|---|---|
Minggu 1-9 | Penguasaan TIK Lanjutan dan Komunikasi Digital | |
• Siswa mampu menggunakan berbagai perangkat TIK dengan lebih mahir untuk berkomunikasi dan belajar |
|
|
• Siswa mampu mengenal sinyal komunikasi dan cara kerjanya |
|
|
• Siswa mampu menerapkan etika yang lebih lengkap dalam berkomunikasi di dunia digital |
|
|
Term 2 | Tujuan Pembelajaran | Indikator Ketercapaian |
Minggu 10-18 | Sistem Komputer dan Internet | |
• Siswa mampu mengenal sistem komputer dan komponen-komponennya |
|
|
• Siswa mampu mengenal internet dan cara kerjanya di sekitar |
|
|
• Siswa mampu menggunakan perangkat TIK untuk presentasi sederhana |
|
Semester 2
Term 3 | Tujuan Pembelajaran | Indikator Ketercapaian |
---|---|---|
Minggu 19-27 | Berpikir Komputasional Lanjutan dan Instruksi Kompleks | |
• Siswa mampu menerapkan berpikir komputasional untuk menghasilkan solusi yang lebih kompleks |
|
|
• Siswa mampu mengabstraksikan benda konkret menjadi data dengan lebih detail |
|
|
• Siswa mampu menjalankan instruksi yang rumit sesuai urutan sistematis |
|
|
Term 4 | Tujuan Pembelajaran | Indikator Ketercapaian |
Minggu 28-36 | Kreativitas Digital dan Produk Komputasi | |
• Siswa mampu beraktivitas secara kreatif dalam kelompok kecil |
|
|
• Siswa mampu membangun produk sebagai analogi sistem komputasi |
|
|
• Siswa mampu mengintegrasikan semua keterampilan TIK untuk menyelesaikan proyek kelompok |
|
Catatan Pengembangan:
Prinsip Pengurutan Berdasarkan Alur Berpikir Siswa:
- Kelas III: Dimulai dari pengenalan dan pemahaman dasar, kemudian berkembang ke aplikasi sederhana
- Kelas IV: Mengembangkan keterampilan yang lebih kompleks dan integratif
- Progresivitas: Setiap term membangun fondasi untuk term berikutnya
- Kontekstual: Disesuaikan dengan kemampuan kognitif dan perkembangan siswa SD
Fokus Pengembangan:
- Term 1-2: Pengenalan dan keterampilan dasar
- Term 3-4: Aplikasi dan kreativitas
- Term 5-6: Penguasaan dan pengembangan lanjutan
- Term 7-8: Integrasi dan produk akhir